Pengertian dan Contoh Laporan Perubahan Modal

Laporan keuangan disusun dan disajikan sekurang-kurangnya setahun sekali untuk memenuhi kebutuhan sejumlah besar pemakai. Dengan demikian laporan keuangan bersifat umum. Artinya tidak dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pihak tertebty. Laporan keuangan menunjukan apa yang telah dilakukan manajemen (Wirausahawan) atau pertanggung jawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Hal ini berarti laporan keuangan bersifat historis yaitu laporan mengenai kejadian yang terlah terjadi. Laporan Keuangan secara garis besar terdiri dari neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan posisi keuangan. Dan kali ini echotuts akan membahas tentang “Pengertian dan Contoh Laporan Perubahan Modal atau Laporan Perubahan Posisi Keuangan

Pengertian dan Contoh Laporan Perubahan Modal atau Laporan Perubahan Posisi Keuangan - echotuts

Apa itu Laporan Perubahan Modal ?
Laporan perubahan modal adalah suatu laporan yang menunjukan sebab-sebab terjadinya perubahan modal perusahaan. Untuk perusahaan dengan bentuk perseroan. Posisi perubahan modalnya ditunjukan dalam laporan laba rugi tidak dibagi.ditahan.
Unsur-unsur laporan Perubahan modal antara lain :

  • Laba tidak dibagi awal periode (Per awal tahun).
  • Laba Netto periode akutansi.
  • Dividen yang diumumkan.
  • Laba tidak dibagi per akhir periode akutansi.

Tujuan Laporan Perubahan Modal

  • Untuk mengiktisarkan aktivitas pembiayaan dan investasi, serta dana yang dihasilkan selama periode yang bersangkutan.
  • Melengkapi pengungkapan perubahan modal kerja.

Contoh Laporan Perubahan Modal :

Contoh Laporan Perubahan Modal - echotuts

Cukup sekian dari artikel echotuts, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memperluas wawawan kita. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.

Baca juga yang ini :
Previous
Next Post »