Pengertian dan Contoh Laporan Laba Rugi

Laporan keuangan disusun dan disajikan sekurang-kurangnya setahun sekali untuk memenuhi kebutuhan sejumlah besar pemakai. Dengan demikian laporan keuangan bersifat umum. Artinya tidak dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pihak tertebty. Laporan keuangan menunjukan apa yang telah dilakukan manajemen (Wirausahawan) atau pertanggung jawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Hal ini berarti laporan keuangan bersifat historis yaitu laporan mengenai kejadian yang terlah terjadi. Laporan Keuangan secara garis besar terdiri dari neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan posisi keuangan. Dan kali ini echotuts akan membahas tentang “Pengertian dan Contoh Laporan Laba Rugi

Pengertian dan Contoh Laporan Laba Rugi - echotuts

Apa itu Laporan Laba Rugi ?
Laporan perhitungan laba rugi adalah suatu laporan yang menunjukan tentang pendapatan, biaya, dan laba rugi suatu perusahaan periode tertentu. Laporan perhitungan laba rugi perlu disusun secara sistematis dan logis, dengan unsur-unsurnya sebagai berikut.

1.  Penghasilan
Penghasilan diakui dalam laporan laba rugi kalau kenaikan manfaat ekonomi di masa depan yang berkaitan dengan meningkatkan aktiva atau penurunan kewajiban telah terjadi dan dapat diukur dengan handal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penghasilan dapat diakui sebagai berikut.

a).  Pendapatan dari penjualan barang (produk) diakui pada saat terjadi transaksi perjualan.
b).  Pendapatan dari penjualan jasa diakui pada saat terjadi transaksi penyerahan jasa.
c).  Pendapatan yang diperoleh sebagai imbalan penggunaan sumber ekonomi perusahaan oleh pihak lain seperti pendapatan sewa, bunga, atau royalty diakui secara proporsional dengan waktu penggunaan sumber ekonomi yang bersangkutan.
d).  Keuntungan (Gains) yang diperoleh dari penjualan aktiva selain barang dagang seperti aktiva tetap atas surat berharga, diakui pada saat terjadi transaksi penjualan. Dan secara garis besar, penghasilan perushaan dapat digolongkan menjadi dua bagian, yaitu :
  • Penghasilan usaha (Operating Income) : penghasilan yang diperoleh dari kegiatan usaha yang utama pada perusahaan. Misalnya, pada perusahaan dagang akan mendapatkan penghasilan utama dari hasil penjualan barang dagang.
  • Penghasilan di luar usaha (Nonoperating Income) : adalah penghasilan perusahaan yang didapat dari kegiatan di luar gekiatan utama perusahaan tersebut. Misalnya : sebuah took yang menyewakan sebagian ruangan tokonya atau menyewakan kendaraannya, penghasilan yang diperoleh dari sewa tersebut menjadi penghasilan di luar usaha.
2.  Beban
Beban adalah penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal. Beban usaha adalah biaya-biaya yang dikeluarkan secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan aktivitas usaha pokok perusahaan yang terdiri atas biaya penjualan, biaya administrasi, dan biaya umum. Beban diluar usaha adalah beban yang timbul dari aktivitas di luar usaha pokok perusahaan. Misalnya rugi penjualan aktiva tetap dan beban bunga.

Contoh Laporan Laba rugi

Contoh Laporan Laba rugi - echotuts

Cukup sekian dari artikel echotuts, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memperluas wawawan kita. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.

Baca juga :
Previous
Next Post »