Pengertian Sel Darah Putih (Leukosit)

Jika kita lihat baik-baik, darah bukan hanya satu yaitu darah, tetapi ternyata tidak, di dalam darah ternyata memiliki banyak macam darah, yang fungsinya juga hampir sama dengan darah aslinya.Di dalam darah ternyata mengandung banyak susunan darah seperti Plasma darah, Sel darah, Serum, Fibrinogen, Sel Darah Merah (eritrosit), Sel Darah Putih(leukosit) dan Keping darah(trombosit). Dan kali ini Echotuts akan berbagi tentang Sel darah putih.

Sel Darah Putih memiliki ciri-ciri antara lain:
  1. Tidak berwarna (Bening).
  2. Bentuk tidak tetap (Ameboid).
  3. Mempunyai inti.
  4. Memiliki ukuran yang lebih besar dari pada sel darah merah.
Berkaitan dengan fungsinya, sel darah putih dapat keluar dari pembuluh darah kapiler menuju ke bagian tubuh tertentu, yaitu bagian tubuh yang terkena infeksi. Peristiwa keluarnya sel darah putih dari pembuluh darah kapiler disebut dengan diapedesis. Fungsi utama sel darah putih adalah untuk membunuh bibit penyakit. Dalam menjalankan fungsinya, sel darah putih dikatakan bersifat fagosit yang artinya dapat melenyapkan penyakit dengan cara memakan, seperti halnya amoeba.

Jumlah sel darah putih lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah sel darah merah. Pada orang dewasa setiap 1mm3 darah terdapat 6000-9000 sel darah putih. Sel darah putih dibuatdi dalam sumsum merah, kelenjar limfa, dan limpa (kura)

Dilihat dari bentuknya, terdapat lima macam sel darah putih di dalam tubuh manusia, antara lain sebagai berikut:

1. Basofil memiliki bintik (granula) kebiruan : 

Basofil sel darah putih biologi - echotuts
Ilustrasi dari Basofil Sel Darah Putih

2. Eosinofil memiliki bintik (granula) kemerahan. Eosinofil akan bertambah banyak jumlahnya apabila di dalam tubuh terdapat infeksi yang disebabkan oleh cacing.

Eosinofil Sel Darah Putih biologi - echotuts
Ilustrasi dari Eosinofil Sel Darah Putih

3. Neutrofil memiliki bintik (granula) merah kebiruan.

Neutrofil sel darah putih biologi - echotuts
Ilustrasi dari Neutrofil Sel Darah Putih

4. Monosit memiliki inti sel yang besar dan berbentuk bulat atau bulat panjang

Monosit Sel Darah Putih biologi echotuts
Ilustrasi dari Monosit Sel Darah Putih

5. Limfosit memiliki inti yang hamper bundar dan terdapat dua macam limfosit, yaitu limfosit kecil dan limfosit besar

Limfosit Sel Darah Putih biologi - echotuts
Ilustrasi dari Limfosit Sel Darah Putih

Tambahan dari echotuts :
Leukemia adalah salah satu penyakit kanker yang disebabkan pertumbuhan tak terkendali dari sel darah putih (leokosit). Pasien dengan leukemia mempunyai sel kanker berbentuk darah pada sumsum tulang, dengan terapi radiasi, penyakit leukemia dapat dikontrol.


Cukup sekian semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya dan terimakasih telah berkunjung ke echotuts, have a nice day.
Previous
Next Post »