Pengertian Website

Pengertian Website
Website adalah kumpulan dari beberapa halaman yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain yang bertempat pada WWW di dalam internet, Sebuah website dibangun dari rangkaian kode-kode HTML (HyperText Markup Language) yaitu salah satu bahasa pemograman dalam
pembuatan website yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terhubung dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink), dan dapat diakses melalui HTTP yang merupakan sebuah protocol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada user(pengguna) melalui application web browser .
Pengertian Website - Echotuts

Di dalam dunia maya terkadang kita mengenal beberapa istilah seperti Web, WWW, Website, web pages, hompage Dll .tapi apakah kamu benar-benar tau apa sebenarnya itu ?, agar semakin jelas, mangga :

  1. Word Wide Web adalah kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama.
  2. Webadalah fasilitas hypertext yang mampu menampilkan data berupa text, gambar, suara, animasi dan multimedia Data-data tersebut saling terkait dan berhubungan satu dengan yang lainya. Untuk membaca data tersebut diperlukan sebuah web browser seperti Internet Explorer. Opera, Mozilla firefox, Google Chrome dan lain sebagainya.
  3. Website (situs web ) adalah tempat penyimpanan data dari informasi berdasarkan topic tertentu. Diibaratkan  website ini seperti buku yang berisi topic tertentu.
  4.  Web Pages (halaman web) adalah sebuah halaman khusus dari situs web tertentu. Diibaratkan halaman web ini seperti halaman khusus dari buku.
  5. Homepage adalah sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web.
  6.  HTML (HyperText Markup Language) adalah salah satu bahasa program (script) yang digunakan untuk menyusun atau membangun dalam pembuatan web yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terhubung.
  7. HTTP adalah sebuah protocol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada user(pengguna) melalui application web browser.

Sejarah WWW atau World Wide Web
www atau world wide web adalah suatu program yang ditemukan oleh tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu system untuk keperluan pribadi . Sistem itu adalha program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu  Berners-lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web. WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa, jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan oktober 1990, “World Wide Web” sudah bias dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan internet.
Pengertian Website2 - Echotuts


Jenis – Jenis Website
Pada umunya, website bias digolongkan menhadi 3 bagian yaitu :

  1. Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Yang dimaksud adalah jika ingin melakukan perubahan pada website itu diperlukan secara manual dengan cara mengedit code yang menjadi struktur dari website itu.
  2. Website Dinamis Merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bias diakses oleh user pada umunya, juha disediakan sebuah halaman backend untuk memodifikasi content dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang dalamnya terdapat fasilitas berita, poling dan sebagainya.
  3. Website Interaktif adalah salah satu contoh website interaktif adalah seperti Blog, Forum, dan semacamnya. User dapat berinteraksi dengan beradu argument mengenaik apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untukmengatur supaya topic yang diperbincangkan tidak keluar jalur.


Manfaat website
  1.   Media Promosi atau Memperluas Jangkauan Promosi.
  2. Media tanpa batas (dapat melayani selama 24 jam dan dimana saja)
  3.  Media Pengenalan Product atau Perusahaan ke tempat yang lebih luas

Cukup sekian, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita mengenai Website yang sering kita gunakan sehari-hari untuk mencari segala informasi, Terima kasih semuanya.
Previous
Next Post »