Belajar Internet Sejarahnya dan 7 Manfaat

Sudah lama sekali Internet di ciptakan untuk mempermudah aktifitas manusia, tapi apakah anda mengerti arti sebenarnya internet yang sering kalian pakai untuk mencari informasi dan berbagi.

Internet kependekan dari interconnection-networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket packet switching communication protocol untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (antarjaringan).



Sejarah Internet, internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Manfaat Internet, ada banyak sekali manfaat internet bagi kehiduan manusia, mungkin beberapa kalian sudah tau, berikut adalah beberapa manfaat internet yang sering kita gunakan sehari-hari untuk membantu pekerjaan kita menjadi lebih mudah :

  1. Dapat Memperluas Wawasan kita, dengan adanya internet umat manusia sekali lagi tertolong dan dengan mudah berbagi informasi setiap jam maupun menit, hampir berjuta-juta informasi tersebar di internet yang bisa kita baca, dengar dan tonton, tentu dapat memperluas wawasan kita dan selalu up to date.
  2. Lebih Mudah dan Praktis, tidak usah menunggu lama untuk mengetahu informasi terbaru tentang dunia ini, tingal ketik dan click untuk memperoleh informasi tersebut.
  3. Memudahkan Komunikasi jarak jauh, dengan adanya internet kita pun disajeni dengan kemudahan komunikasi jarak jauh yang bernama media sosial seperti halnya facebook,twitter dan lain-lain, dengan text, gambar, suara maupun muka ke muka.
  4. Peluang Bisnis, di era kemajuan teknology sekali lagi manusia dimudahkan dengan adanya internet yang bisa menguntungkan kita untuk mencari biaya hidup.
  5. Sarana Hiburan, tentunya untuk mengusir kebosanan kita, di dalam internet juga tersedia banyak sekali taman bermain yang bisa kita mainkan setiap hari atau saat.
  6. Belanja Online, tak usah susah-susah jalan-jalan di mol untuk mencari baju yang cocok, cukup duduk di tempat duduk dan kita otomatis disandingkan berjuta-juta produk yang ditawarkan melalui internet.
  7. Internet Banking, tak usah susah-susah mengirim uang cukup satu click.
semua hal baik gunakanlah dengan baik, dan pasti hasilnya akan baik. pergunakanlah internet secara bijak atau sebagaimana mestinya. Karena internet bukan hanya berdampak positif saja bagi kehidupan kita, namun ada juga dampak negatif yang bisa didapat dari internet jika kita tidak bisa menggunakannya secara bijak. Ini adalah era baru,inilah yang kita waspadai untuk generasi anak-anak kita manfaatkan semua yang ada di internet dengan kreativitas Anda, Cukup sekian, saya berharap ini bisa menambah wawasan kita, maaf atas kekuranganya, dan Terima Kasih untuk Semuanya.
Previous
Next Post »