Manfaat Tanaman Andong (Cordyline Fruticosa L)

Tanaman Andong atau dalam nama latin Cordyline Fruticosa L. A  merupakan tanaman perdu yang mungkin sering kira jumpai di sekitar lingkungan kita, Karena tanaman ini sering dipelihara sebagai tanaman hias bagi masyarakat. Tanaman ini berasal dari daerah asia timur. Tanaman Andong ini mempunyai cirri-ciri daun yang gampang diingat. Memiliki warna daun merah dan merah kehitaman. Dan kali ini echotuts akan membahas tentang “Manfaat Tanaman Andong (Cordyline Fruticosa L)

Manfaat dan khasiat Tanaman Andong (Cordyline Fruticosa L) - echotuts

Bukan hanya indah di gunakan sebagai tanaman hias. Tapi ternyata tanaman andong ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Menyembuhkan, mengobati atau merawat tubuh kita.

Tanaman andong adalah tanaman perdu yang termasuk daari suku tanaman bawang-bawangan dengan tinggi sekitar 2-4 meter tegak. Tanaman ini biasa tumbuh pada daerah dataran rendah dengan ketinggian 1.900 dari permukaan laut. Tanaman andong hampir tidak mempunyai cabang atau bisa disebut jarang sekali memiliki cabang. Pada batang tanaman andong ini bulat keras dengan bekas daun rontok berbentuk cincin. Pada setiap daunya hanya memiliki atau berdaun tunggal dengan warna merah dan merah kehitam-hitaman. Dengan ujung pangkal daun yang runcing, bertepi rata, tulang daun ,emyirip dan tangkai daunya berbentuk talang. Letak daun tanaman andong Letak daun tanaman andong tersebar pada batang terutaman berkumpul di ujung batang dengan letak berjejal dan tersusun spiral membentuk roset batang. Helaian daun tanaman andong panjang berbentuk langset dengan ukuran panjang 20-60 cm dan lebar 5-13 cm.  Bunga tanaman andong berwarna hijau keunguan dan merah muda. Buah tanaman andong mempunyai nama buni. Bunganya keluar dari ketiak daun dengan ukuran 30 cm.  Bunga tanaman andong mejemuk berbentuk malai, Buah tanaman andong ini berbentuk seperti bola dengan warna merah mengkilap dan bijinya berwarna hitam. Proses Budidaya tanaman andong melalu cara stek atau pemisahan tunas

Klasifikasi Tanaman Andong
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh).
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Agavaceae
Genus: Cordyline
Spesies: Cordyline fruticosa (L.) A.Chev.

Tanaman Andong memiliki kandungan Saponin, Polifenol, Tannin, Flavonoid, Steroida, Zat besi, Kalsium oksalat dan Polisakarida. Bagian yang digunakan adalah Daun dan batang. Dengan memiliki rasa manis, tawar dan bersifat sejuk jika dimakan. Dari kandungan tersebut andong memiliki khasiat seperti penyejuk darah, menghancurkan darah beku pada memar, menghentikan pendarahan hemostatis Hemostatik, Antibengkak dan lain-lain. Dan dibawah ini adalah beberapa Manfaat dan Khasiat dari tanaman Andong.

3 Manfaat dan Khasiat Tanaman Andong (Cordyline Fruticosa L. A. Cheval)
Untuk mengobati Wasir :
Bahan : Daun andong 3 helai + daun Wungu 7 helai
Pembuatan : Rebus semua bahan dengan dan dari 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring.
Penggunaan : Minum secara rutin setiap hari.
Untuk batuk Berdarah dan Haid terlalu banyak :
Bisa dibuat untuk infuse atau diminum.
Cara Pembuatan untuk Diminum :yaitu dengan merebus daun andong segar ±90 gr, atau akar andong kering ±50 gr dengan tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring.
Penggunaan : Minum pagi hari dan sorre sebanyak ½ gelas
Untuk Obat Diare / Disentri
Pembuatan : Rebus bagian daun ±90 gr, atau akar andong kering ± 15 gr menggunakan tiga gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas. Saring, kemudian bagi menjadi tiga gelas ukuran sama.
Penggunaan : Minum3x sehari, pagi siang sore.

Cukup sekian artikel dari echotuts mengenai  "Manfaat Tanaman Andong (Cordyline Fruticosa L)" Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih banyak atas kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.

Update : 02/08/15

Baca juga yang ini :
First

1 comments:

Write comments
Remember When
AUTHOR
19 December 2015 at 19:24 delete

boleh tau daftar pustakanya?

Reply
avatar