Pengertian dan Struktur HTML

HTML (HyperText Markup Language) adalah salah satu bahasa program (script) yang digunakan untuk menyusun atau membangun dalam pembuatan web yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terhubung. Biasanya dokumen HTML dsmpan dalam format teks regular
(berupa file .html atau .htm) dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan. Ngerti maksudnya? jadi bahasa HTML itu biasanya adalah team belakang layar dari sebuah website untuk mengetahui pengertian website bisa di lihat di sini

Baca juga : Pengertian Website

dan bukan hanya bahasa HTML saja yang dapat untuk membangun sebuah website, ada banyak bahasa lain seperti PHP, Tapi kali ini kakak Echotuts akan bercerita tentang HTML. Selamat menikmati, *dan satu lagi,maaf atas ketidak nyamananya atas ketidak bisanya Tombol copy paste di blog ini dan mungkin akhir-akhir ini admin akan sering menyebut nama Blog agar para Copas blogger g bisa sembarangan copy, soalnya sudah 3 artikel dari blog Echotuts di copas habis2an tanpa di edit. Yoo lanjut...
Pengertian dan Struktur HTML - Echotuts

Pada umumnya bahasa pemprograman  HTML tidak membedakan penulisan huruf besar atau huruf kecil pada penulisan elemen maupun tag.  Penulisan <i> dan <I> akan dianggap sama, semua bahasa pemprograman tersebut akan di eksekusi/diproses oleh application browser dalam bentuk jadi atau dalam bentuk halaman website yang bisa kita pahami dengan mudah. Dan ada beberapa browser yang tidak dapat mengenali tag tertentu dalam browser tersebut dan akan mengabaikan tag yang tidak dikenalinya. Lalu menuliskan isi di dalam tag tersebut dengan teks biasa. *Mungkin browsernya kurang update atau koneksi lemot.

Struktur HTML, dan Dokument html dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

1.   Elemen HTML. Contoh Struktur dasar bahasa HTML sebagai berikut :
<HTML>          
            <HEAD>
                                <title> Selamat Datang Di Blog Echotuts </title>
            </HEAD>
            <BODY>
                                 Pengertian HTML dan Contoh Sturktur HTML.
            </BODY>
</HTML>

Elemen HTML : Setiap dokumen HTML harus diawali dan ditutup dengan tag HTML
Sintak :
<HTML>…</HTML>
Tag HTML berfungsi untuk memberitahu kepada application browser yang ada di dalam kedua tag tersebut adalah document HTML.

 

  • Tag adalah teks khusus (markup)berupa dua karakter “<” dan “>”. Pada umumnya tag ditulis secara berpasangan. Yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambah karakter “/” setelah karakter”<”).
  • Elemen terdiri dar tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi dan penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada browser digunakkan element TITLE. 
Pengertian dan Struktur HTML - Echotuts

Pengertian dan Struktur HTML - Echotuts

Penulisan program yang baik secara terstruktur.Tag-tag ditulis secara berpasangan pada suatu elemen HTML, Tidak boleh saling tumpang tindih dengan tag-tag lainya. Berikut ini adalah contoh penulisan program yang benar dan baik :

Kenapa ada sepasang tag yang menjorok ? karena itu semua untuk mempermudahkan kita dalam dalam bekerja, bukan hanya ntuk mempermudahkan kita, dan juga agar bisa terlihat lebih rapid an mudah diingat untuk tindakan lanjutan seperti pengeditan code.
  • Atribut, Digunakan untuk mendefinisikan property dari suatu elemen HTML yang terdr atas nama dan nilai.
Sintak :
<Tag>
Nama Attribute = “Nilai Attribute”
</Tag>
Pada umumnya atribut harus berada dalam tanda petik satu(’) atau tanda petik dua(“). Sebagai contoh Text untuk membuat warna text  mejadi warna bitu dan attribute BGCOLOR untuk membuat latar belakang halaman menjadi merah.
Sintak :
<BODY BGCOLOR=”RED”TEXT=”BLUE”>
2.       Elemen HEAD
Elemen HEAD berada di bagian atasa document HTML atau di bagian header dari dokumen html.
Sintak :
<HEAD>…</HEAD>
Di dalam bagian ini juga terdapat sebuah tag TITTLE yang menampilkan judul dari halaman pada browser HTML
Sintak :
<TITTLE>…</TITTLE>
                Bagian header juga bisa memuat tag META yang digunakan untuk menentukan informasi tertentu mengenai dokumen HTML, dapat digunakan untuk menentukan author name, keywords dan lainya pada tag META.

META tag : ada banyak meta tag sesuai dengan standar HTML 4.0 dari World Wide Web Consortion, tapi sebenarnya yang betul-betul dipakai search engine hanyalah 3, Yaitu Description, Keyword, dan Robots.

A.      Meta Tag Description : digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web anda. Ukuranya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Usahakan agar description ini menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan dengan isi description padat singkat dan jelas.
Contoh Sintak :
<META name=”description” content=”Selamat dating di blog Echotuts”>
Beberapa search engine seperti Google tidak memiliki meta tag sebagai  deskripsi hasil pencarian. Yang mereka gunakan adalah kalimat-kalimat awal yang ada pada halaman tersebut.

B.     Meta Tag Keyword : Meta tag keyword sangat pentig keberadaanya, karena berfungsi untuk menentukan kata kunci apa yang bisa ditemukan halaman tersebut pada search enggne.
Sintak :
<META name=”keywords” Content=”Keyword1, Keyword2, Keyword3….”>
Dan
<META name=”Author” Contents=”(nama)Fajar Aziz Laksono”

C.      Meta Tag Robots : Meta tag robots digunakan untuk memberikan keterangan tentang halaman web mana yang bisa di index dan mana yang tidak boleh di index oleh mesin pencarian.
Sintak :
<META name=”robots” content=”index | noindex | follow | nofollow”>
3.       Elemen Body
Elemen ini digunakan untuk menampilkan isi dari dokumen HTML yang akan di tampilkan di website.
Pengertian dan Struktur HTML - Echotuts

Cukup sekian, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang HTML, maaf atas salah-salah kata dan ketidak nyamananya atas ketidak adaan tombol Copy Paste, Terimakasih semuanya.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
3 May 2015 at 15:05 delete

saya baru tahu, ternyata gitu yah...... hanya HTML kita sering pake, tapi tahu dah artinya?

Reply
avatar