Pengertian Tujuan dan Macam-macam Produksi

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan dalam bidang ekonomi. Secara umum, kegiatan ekonomi meliputi produksi, distribusi dan konsumsi. Dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Pengertian Tujuan dan Macam-Macam dari Produksi

Pengertian Tujuan dan Macam-macam Produksi - echotuts

Pengertian Produksi
Produksi adalah kegiatan menambah Faedah (Kegunaan) suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah faedah suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang. Sedangkan kegiatan menambah faedah suatu benda tanpa mengubahnya bentuknya dinamakan produksi jasa.

Baca juga : Macam-macam Proses Produksi

Macam-macam Produksi
Produksi Barang
Produksi Barang dapat dibedakan atas produksi barang konsumsi dan produktif barang modal. Barang konsumsi merupakan barang yang siap untuk dikonsumsi, sedangkan barang modal merupakan barang yang dipergunakan untuk menghasilkan barang berikutnya. Jadi, barang modal tidak dapat digunakan secara langsung untuk memnuhi kebutuhan.

Baca juga : Faktor Kelangkaan Ketersediaan Barang dan Jasa

Produksi Jasa
Produksi Jasa dapat dibedakan menjadi Jasa yang langsung dapat memenuhi kebutuhan dan jasa yang tidak secara langsung memenuhi kebuthan. Film, perawatan dokter, pengajaran dari seorang guru, ataupun pagelaran music merupakan contoh produksi jasa yang langsung memenuhi kebutuhan. Sedangkan pengangkutan, pengudangan dan perbankan merupakan contoh produksi yang secara tidak langsung memenuhi kebutuhan.

Baca juga : Macam-macam Proses Produksi

Tujuan Kegiatan Produksi
Tujuan Kegiatan Produksi secara umum adalah  memenuhi kebutuhan manusia mencapai kemakmuran. kemakmuran tercapai jika tersedianya barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi. Tanpa adanya kegiatan produksi, kebutuhan manusia yang banyak itu tidak akan dapat dipenuhi. Kemajuan dalam hal melakukan produksi ada hubunganya dengan standar hidup.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Sistem Ekonomi

Perlu diketahui bahwa dalam kegiatan produksi ada beberapa pihak yang terkait. Pertama adalah pihak yang menghasilkan atau memproduksi barang dan jasa yang kita sebut sebagai produsen. Sedangkan pihak yang kedua adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa yaitu konsumen. Karenanya, tujuan produksi juga dapat dilihat secara khusus dari sudut kepentingan pihak-pihak tersebut. Bagi pihak produsen, tujuan produksi adalah untuk meningkatkan keuntungan serta menjaga kesinambungan kehidupan perusahaan. Sementara bagi masyarakat atau konsumen, tujuan produksi adalah untuk menyediakan berbagai benda pemuas kebutuhan.

Baca juga : Pengertian dan Faktor-faktor Produksi

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda. Have a nice day.
Previous
Next Post »