Pengertian dan Pola-pola Sosialisasi

Sosialisasi adalah proses manusia mempelajari tata cara kehidupan masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membagun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota suatu kelompok. Sosialisasi dapat dibedakan menjadi dua pola yaitu pola sosialisasi represif dan pola sosialisasi partisipatoris. Dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Pengertian dan Pola-pola Sosialisasi

Pengertian dan Pola-pola Sosialisasi - echotuts

Pola-pola Sosialisasi

  • Sosialisasi Represif (Repressive socialization) adalah pola yang memiliki cirri-ciri penerapan hukuman atas kesalahan, pemberian hukuman dan imbalan material, kepatuhan anak pada perintah orang tua, komunikasi nonverbal dan searah dari orang tua kepada anak dan sosialisasi berpusat pada orang tua.
  • Sosialisasi Partisipan (Participatory Socialisation) adalah pola dimana anak diberi imbalan atas perilaku bainya. Memiliki ciri-ciri pemberian hukuman dan imbalan bersifat simbolis, adanya otonomi anak dalam pengambilan keputusan, komunikasi verbal dan interaktif antar orang tua dan anak, sosialisasi berpusat pada anak dan keperluan anak kerluarga menjadi generalized other.

Baca juga : 

Cukup sekian dari artikel echotuts, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »