Pengertian dan Cara Penghitungan Rasio Likuiditas

Analisis rasio atau disebut dengan Rasio Keuangan adalah teknik alat mengukur prestasi perusahaan dalam hal menentukan tingkat likuiditas, solvabilitas, keefektifan operasi, serta derajat keuangan perusahaan. Dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Pengertian dan Cara Penghitungan Rasio Likuiditas

Pengertian dan Perhitungan Rasio Likuiditas - Kewirausahaan - echotuts

Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memanfaatkan aktiva guna memperoleh pendapatan dalam waktu singkat. Rasio likuiditas atau rasio modal kerja bagi kreditor jangka pendek bank, manajemen, serta para kreditor jangka panjang sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena rasio likuiditas sangat digunakan untuk menganalisis dan menginterpreasikan posisi keuangan jangka pendek dan untuk mengecek efektivitas modal kerja yang digunakan dalam perusahaan. Sedangkan bagi pemegang saham atau pemilik dapat mengetahui prospek pembayaran bunga di masa yang datang dan deviden yang akan diterimanya. Rasio Likuiditas terbagi menjadi beberapa macam, Yaitu :

Macam-Macam dan Cara-cara Penghitungan Rasio Likuiditas
2).   Current Ratio
Untuk menganalisis posisi modal kerja suatu perusahaan, Current ratio adalah rasio paling sering digunakan, Current ratio adalah perbandingan jumlah aktiva lancar dengan utang lancar. Current Ratio akan dinilai baik bila sudah memenuhi nilai rasio 200%. Berarti, nilai kekayaan lancar dibandingkan dengan utang lancar adalah sekitar 2 kalinya. Misalnya, rasio 200% berarti utang lancar 100% dijamin oleh harta 200% atau utang jangka pendek senilai Rp. 1.000,00 akan dijamin oleh harta lancar Rp2.000,00
Rumus Current Ratio :
Rumus Current Ratio - kewirausahaan - echotuts


1).   Acid Text Ratio (Quick Ratio)
Acid Text Ratio atau Quick Ratio adalah ukuran kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan tidak melihat persediaan. Karena persediaan dianggap memerlukan waktu relative lama untuk dijadikan uang kas. Sedangkan piutang lebih cepat dapat dijadikan uang kas, meskipun kadang-kadang persediaan lebih likuid daripada piutang.

Quick ratio Lebih tajam daripada current ratio karena hanya membandingkan aktiva yang sangat liquid (Mudah diaungkan) dengan utang lancar. Bagi lembaga keuangan bank maupun non bank harus sangat memmerhatikan tingkat quick rationya. Quick ratio yang kurang dari 1:1 (100%) dipandang kurang baik tingkat likuiditasnya.
Rumus Quick Ratio : 
Rumus Quick Ratio - kewirausahaan - echotuts


Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih atas kunjungan dan dukungan anda terhadap echotuts, Have a nice day.

Baca juga :
Previous
Next Post »