Fungsi dan Mekanisme Kerja Jantung

Taukah kamu? Jantung manusia di saat manusia beristirahat kira-kira dalam tiga kali denyutan bisa memompa dan mengisi satu cangkir penuh darah, dan pada saat kita berolahraga, satu kali denyut jantung dapat memompa darah kira-kira sebanyak dua cangkir penuh. Dan dalam masa hidupnya jantung manusia dapat memompa darah yang cukup untuk mengisi penuh 100 kolam renang yang berukuran standar #wow. Dan kali ini echotuts akan menerangkan tentang jantung.

Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri dan ukuran jantung kurang lebih sebesar genggaman tangan kita. Jantung memiliki otot yang sangat kuat karena tugas jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Tanpa henti.

Fungsi dan Mekanisme Kerja Jantung Ruang jantung - biolofi - echotuts

Jantung termasuk salah satu organ tubuh yang bekerja terus menerus sepanjang hidup kita tanpa istirahat. Jantung dilindungi oleh suatu selaput yang disebut dengan Perikardium. Pada dasarnya jantung adalah semacam otot yang memiliki rongga. Rongga jantung terdiri atas empat ruang yaitu serambi (atrium) kanan, serambi kiri, bilik (ventrikel) kanan dan bilik kiri.maksud dari kata bertanda kurung adalah  Serambi dan bilik mempunyai nama lain,yaitu Serambi adalah atrium dan bilik adalah ventrikel.

Jantung bagian kanan dan kiri dibatasi oleh skat rongga jantung. Pada bagian jantung tertutup Katup Trikuspidalis, yakni antara serambi kanan dan bilik kanan, sedangkan pada bagian kiri jantung terdapat Katup Bikuspidalis, yakni antara serambi kiri dan bilik kiri. Katup-katup tersebut berfungsi untuk menjaga agar darah yang masuk ke bilik kanan dan bilik kiri tidak kembali lagi ke serambi kanan ataupun serambi kiri.dan taukah kamu bahwa otot bilik jantung lebih tebal dibandingkan dengan otot serambi jantung, mengapa ?

Macam - Macam Katup di dalam Jantung Trikuspidalis dan bikuspidalis - Biologi - Echotuts

Fungsi utama jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Fungsi semacam itu biasa dilakukan oleh otot bilik jantung. Untuk. Untuk dapat melakukan fungsi kerja tersebut bilik jantung harus mempunyai otot yang kuat dan tebal.Dan secara sederhana berikut adalah mekanisme kerja jantung.

Cara kerja jantung :
  1. Darah dari paru-paru banyak mengandung oksigen (O2) masuk ke dalam serambi kiri dari serambi kiri, darah dipompa menuju ke bilik kiri melalui katup Bikuspidalis. Selanjutnya darah di bilik kiri dipompa keluar dari jantung menuju ke seluruh tubuh membawa oksigen.
  2. Setelah oksigen digunakan untuk proses pembakaran di dalam sel-sel tubuh, darah kembali ke jantung dengan membawa karbon dioksida (CO2) dan air (H2O).
  3. Darah dari seluruh tubuh masuk ke dalam serambi kanan. Dari serambi kanan, darah masuk ke bilik kanan melalui katup trikuspidalis. Selanjutnya, dari bilik kanan, darah dipompa keluar jantung menuju ke paru-paru untuk melepas CO2 dan mengambil O2

Darah yang dipompa keluar dari jantung memiliki kecepatan serta kekuatan mengalir. Kekuatan mengalir tersebut diteruskan oleh pembuluh nadi yang memiliki sifat elastic sehingga pembuluh nadi ikut berdenyut. Frekuensi denyut jantung sama dengan frekuensi denyut pembuluh nadi. Itulah alasan untuk mengetahui frekuensi denyut jantung kita, dan dapat juga kita ketahui dengan mengamati denyut nadi kita, yakni dengan yaca perabaan (Palpas) pada pergelangan tangan, pelipis dan leher. Dalam keadaan istirahat, denyut jantung orang dewasa antara 60 sampai 80 kali permenit karena Frekuensi jantung setiap orang berbeda-beda, sesuai dengan umur, jenis kelamin, berat badan, aktivitas, dan kondisi kesehatan masing-masing.

Tekanan darah kita dapat diukur dengan menggunakan tensimeter, yakni alat untuk mengukur tekanan systole dan diastole. Yekanan systole adalah tekanan yang terjadi pada saat dara keluar dari bilik jantung. Tekanan diastole adalah tekanan yang terjadi pada saat darah masuk ke bilik jantung. Pada orang dewasa sehat, biasanya memiliki tekanan systole 120mmHg dan tekanan diastole 80 mmHg. Dan berikut merupakan tekanan darah perempuan dan laki-laki berdasarkan umur. Silahkan.

Tabel Tekanan Darah berdasarkan Umur Laki-laki dan Perempuan :

Tabel Tekanan Darah berdasarkan Umur Laki-laki dan Perempuan

Cukup sekian, semoga artikel dapat menambah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas kunjunganya.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
16 July 2015 at 13:51 delete

ternyata jantung fungsinya vital juga ya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9 November 2018 at 07:00 delete This comment has been removed by the author.
avatar