Macam-macam dan Fungsi Pemasaran Kewirausahaan

Macam-macam dan Fungsi Pemasaran Kewirausahaan - echotuts

Menurut Kotler, Pemasaran Merupakan proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya. Dan di bawah ini merupakan fungsi dari Pemasaran.

Fungsi dari Pemasaran
  • Memberikan fasilitas atau kemudahan-kemudahan seperti permodalan, menanggung resiko, dan sebagainya.
  • Fungsi yang melakukan pertukaran, seperti fungsi penjualan dan pembelian.
  • Melakukan kegiatas fisik barang seperti mengundangkan dan mengankut barang.

nah setelah mengetahui fungsi utama dari pemasaran. echotuts akan membahas rinci dari macam-macam pemasaran dengan fungsi.

Macam-Macam dari Fungsi Pemasaran
Pembeli
Fungsi pembelian untuk memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual kembali untuk digunakan dalam prerusahaan dengan harga, pelayanan dari penjual, dan produk tertentu. Fungsi ini sangat penting tugasnya, terutama pada perusahaan yang menghasilkan barant-barang tertentu, seperti barang yang sangat dipengaruhi oleh mode dan corak. Seringkali pembelian ini memerlukan keahlian dalam menganalisis barang dan menentukan persediaan barang.

Penjualan
Fungsi penjualan merupakan bagian terpenting dalam pemasaran guna mencapai pasar yang dituju. Fungsi ini sekaligus menjadi sumber pendapatan untuk menutup laba. Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan seperti promosi iklan display dan sebagainya.

Penyimpanan
Fungsi penyimpanan untuk menyimpan barang-barang yang telah selesai diperoduksi sampai barang-barang yang telah selesai diproduksi sampai barang siap untuk dijual. Alasan dilakukan penyimpanan adalah sebagai berikut.
  • Kepentingan spekulasi, yaitu membeli dan menimbun barang-barang untuk dijual pada saat harga jualnya naik.
  • Penyimpanan memungkinkan pembeli dalam jumlah besar. Pembelian dalam jumlah besar memungkinkan untuk memperoleh potongan harga. Mendapatkan biaya angkut per unit yang lebih rendah. Mengatasi kemungkinan keterlambatan penyerahan barang, dan untuk keperluan pengaweran atau pematangan (seperti tembakau dan mangga)
  • Produksi bersifat musiman, sedangkan konsumsi bersifat terus-menerus. Dengan melakukan penyimpanan, maka konsumsi bisa dilakukan sepanjang tahun meskipun tanpa adanya proses produksi. Misalnya untuk produksi beras dan hasil pertanian lainya.
  • Menstabilkan harga, yaitu dengan membeli dan menimbun barang-barang pada waktu barang berlimpah sehingga harga jualnya rendah, selanjutnya menjual pada saat kekurangan barang di pasar.
  • Konsumsi bersifat musiman, sedangkat produksi terus-menerus sepanjang tahun, seperti paying dan jas hujan.

Pembelanjaan
Fungsi pembelanjaan untuk mendapatkan modal dari sumber eksternal guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran. Sumber eksternal dapat berupa kredit dagang dari penjual dan pinjaman dari bank yang biasanya berupa pinjaman jangka pendek.

Pengangkutan 
Fungsi pengankutan untuk memindahkan barang dari produsen ke konsumen atau dari tempat barang dihasilkan ke tempat barang di konsumsi. Kemajuan dalam pengangkutan telah meningkatkan macam ragam barang yang tersedia untuk dikonsumsi mengurangi biaya distribusi barang. Sera mempercepat distribusi barang.

Penanggulangan Resiko
Resiko-resiko dapat dicegah dengan memberikan perlindungan asuransi terhadap barant-barang yang rentang dengan resiko. Penanggulangan resiko meliputi segala bentuk resiko antara lain.
  • Resiko yang ditimbulkan oleh pasar, seperti merosotnya harga jual yang dapat disebabkan oleh situasi pasar seperti perubahan tren. Adanya penemuan baru. Persaingan usaha dan pengaruh musiman
  • Resiko yang ditimbulkan alam seperti banjir dan gempa bumi.
  • Resiko yang ditimbulkan oleh manusia. Seperti pencurian pembelian yang tidak membayar utang dan kebakaran.

Strandarisasi dan Grading
Standarisasi adalah penentuan batas-batas dasar dalam bentuk spesifikasi barang-barang hasil manufaktur, terkadang juga disebut dengan normalisasi. Grading adalah usaha untuk mengelompokan barang berdasarkan standar kualitas yang telah mendapatkan pengakuan di dunia perdagangan. Dalam hal ini, pemasaran harus dapat melakukan standarisasi dan grading terhadap produk-produk yang dihasilkan perusahaanya.

Pengumpulan Informasi Pasar
Pemasaran juga harus bisa berfungsi sebagai pengumpul dan penafsir berbagai informasi mengenai jenis-jenis produk yang beredar di pasar, jumlah jenis yang dibutuhkan konsumen dan sebagainya. Selain itu. Pemasaran juga perlu mengumpulkan data mengenai daya beli konsumen, preferensi konsumen, jumlah konsumen, dan lokasi tempat tinggal mereka. Semua itu dilakukan guna menentukan tindakan dalam mencapai keuntungan maksimal.

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih atas kunjungan anda ke echotuts.

Baca juga yang ini
Previous
Next Post »